Saturday, January 21, 2017

Cara Membuat Diagram Kartesius Pada Excel

Diagram Kartesius merupakan salah satu diagram yang sering digunakan dalam pelajaran matematika. permasalahan membuat diagram kartesius pada excel harus ada pengaturan khusus, karena diagram pada excel tidak menampilkan sumbu x dan sumbu y seperti yang harus ditampilkan pada diagram kartesius.

Mari kita mulai saja membuat diagram kartesius di microsoft excel. berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Bukalah file microsoft excel. Kemudian buatlah data yang menggambarkan garis untuk sumbu x  dan sumbu y seperti pada tampilan berikut :
  2. diagram kartesius
  3.  kemudian pada langkah berikutnya dengan memilih menu insert kemudian pada bagian chart filih line serta pilihlah jenis line yang diinginkan.
  4. selanjutnya pilihlah horizontal category axis atau klik kanan pada bagian angka yang berderet secara horizontal kemudian klik kanan dan pilihlah format axis.
  5. diagram kartesius
  6.  kemudian pada bagian position axis pilihlah on tick mark dan pada bagian vertical axis crosses pilihlah at category number dan isi dengan angka enam (6) artinya satu angka lebih besar dari angka garis.
  7. kemudian hilangkan legend 
    diagram kartesius
  8.  Pada bagian vertical category axis klik kanan sehingga tampil seperti gambar berikut :
    diagram kartesius
    kemudian pada axis option pilihlah fixed untuk minimum isi dengan negatif lima (-5) dan pada maximum isi dengan lima (5), sedangkan untuk major dan minor unit isi dengan angka satu (1)
  9. setelah itu tinggal klik close.
  10. kemudian jika kita ingin membuat diagram kartesius kita tinggal mengisi titik angka pada kolom y seperti pada gambar di bawah ini.
diagram kartesius
    Nah begitulah cara membuat diagram kartesius pada microsoft excel semoga dapat membantu.

0 komentar: