Tuesday, January 24, 2017

Cara Menyatukan garis pada autocad

Cara Menyatukan garis pada autocad

Menyatukan garis dari dua garis atau lebih atau dari bentuk line menjadi polyline pada autocad sangatlah mudah yang harus diperhatikan pada bagian comand bar. seperti pada gambar di bawah ini

menyatukan garis

Sebagai gambaran kita coba buat dua buah garis yang akan kita satukan. langkah untuk membuat garis adalah dengan mengetikan huruf l pada command bar kemudian menekan enter atau spasi maka pada command bar tersebut akan muncul tulisan LINE specify first point :  artinya kita harus mengklik dimana kita akan mulai menggambar garis. kemudian kita tarik mouse sedikit ke arah mana kita akan membuat garis tersebut.

Sehingga muncul tulisan Specify next point [Undo] : bisa kita ketikan jarak misal kita akan membuat garis sepanjang 50, maka ketik 50 kemudian tekan spasi atau enter.kemudian buat lagi garis yang lain yang akan kita satukan menjadi polyline seperti pada gambar di atas.

Setelah selesai membuat garis, untuk mengakhiri perintah line, maka tekan esc atau escape pada keyboard.sehingga pada command bar muncul tulisan command : artinya kita sudah siap dengan perintah yang baru.

Sekarang kita bisa memulai menyatukan garis dengan cara mengetikan pe pada setelah Command: kemudian tekan spasi atau enter sehingga muncul command : pe PEDIT select polyline or [multiline].

Pada saat command bar bertuliskan seperti di atas maka kita harus mengklik salah satu garis yang akan kita satukan. sehingga muncul tulisan Do you wantto turn it into one? <Y>  .

Karena kita ingin menyatukan garis menjadi satu maka ketik Y kemudian tekan spasi atau enter

Sehingga muncul tulisan Enter an Option [Close/Join/width/edit vertex/Fit/Spline/decurve/L Type Gen/Undo]:.

Ketiklah j untuk memilih join artinya kita akan menyatukan garis yang kita buat kemudian tekan spasi atau enter.sehingga muncul tulisan select object:

maka pilihlah garis-garis yang akan kita satukan dengan cara mengklik garis-garis tersebut.

Kemudian tekan spasi atau enter dua kali. maka line sudah menjadi polyline.

Demikian cara meyatukan garis pada autocad semoga bermanfaat

0 komentar: