Wednesday, April 19, 2017

Membuat 2 buah combox saling berhubungan di excel

Pada Postingan Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat dua buah combobox pada excel yang saling berhubungan satu sama lain. artinya jika pada combobox yang pertama berisi tiga opsi maka opsi yang pertama terdiri dari beberapa rincian di combobox yang kedua akan menampilkan sub item dari opsi combobox pertama, entah apa bahasanya yang penting mungkin ini adalah gambaran dari dua buah combobox yang saling berhubungan.
comboboxcategory

Atau bisa dikatakan untuk membuat combobox yang saling berhubungan itu membuat combobox berdasarkan kategori, dimana combobox yang kedua akan berubah berdasarkan kategori di combobox1. saya memberikan contoh dua buah combobox itu untuk pembuatan buku bank dimana pada buku bank itu ada dua kategori yaitu pemasukan dan pengeluaran. maka kedua item itu kita masukan dalam combobox yang pertama dengan scriptnya seperti berikut


Private Sub UserForm_Initialize()
With ComboBox1
.AddItem "Pemasukan"
.AddItem "Pengeluaran"
End With

End Sub

Kode di atas untuk membuat opsi pada combobox1 apabila userform itu aktif atau dijalankan maka combobox itu akan berisi pemasukan dan pengeluaran.

Bagaimana caranya agar combobox1 itu mempengaruhi isi daripada combobox dua maka kita tambahkan script berikut agar dua buah combobox itu saling berhubungan satu sama lain.

 Private Sub ComboBox1_Change()
ComboBox2.Clear
With ComboBox2
Select Case ComboBox1
Case "Pemasukan"
.AddItem "Setoran"
.AddItem "Bunga Bank"
Case "Pengeluaran"
.AddItem "Penarikan"
.AddItem "Pajak Bank"
.AddItem "Adm Bank"

End Select

End With

End Sub

Nah itu cara membuat 2 buah combobox saling berhubungan berdasarkan kategory,sementera kegunaan membuat menu ini agr kita tidak salah input ketika akan memasukan data yang berupa data yang berhubungan, selanjutnya untuk keperluan input data bisa dikembangkan berdasarkan kategori yang di perlukan.

Selamat Mencoba semoga bermanfaat!

0 komentar: