Thursday, April 6, 2017

Membuat game ular seperti di hp

game ular

Pada jaman awal-awal munculnya hp. kita sering memainkan game yang sangat sederhana, beda dengan jaman sekarang game-game di hp sudah bervariasi, apalagi setelah munculnya android. namun pada waktu itu muncul dibenak saya bagaimana membuat game di hp.

Pada waktu itu saya sering memainkan game ular, saking asyiknya memainkan game ular itu kadang-kadang sampai lupa.permainan ular yang dulu sering saya mainkan, akhirnya ketemu jawabannya. dengan searching di internet akhirnya saya menemukan kode bagaimana membuat game ular seperti di hp jadul.

inilah tampilan game ular yang ada di hp pada jaman dahulu, untuk memainkannya hanya dengan menggunakan panah (=>) yang ada di keyboard untuk mengarahkan jalannya ular. ular tersebut jangan sampai menyentuh dindin. saya menemukan kode ini dari thecodeplayer.com.

Untuk kode game ular tersebut kita tinggal buat file ular.html, kemudian copykan kode berikut pada notepad dengan nama file ular.html tersebut

 <!DOCTYPE html>
<html>
    <head>

        <!-- Jquery -->
        <script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.1/jquery.min.js" type="text/javascript"></script>
        <script type="text/javascript" >
            $(document).ready(function() {
                var canvas = $("#canvas")[0];
                var ctx = canvas.getContext("2d");
                var w = $("#canvas").width();
                var h = $("#canvas").height();

                var cw = 10;
                var d;
                var food;
                var score;

                var snake_array; //membuat cell aray untuk membuat ular

                function init()
                {
                    d = "right"; //default direction
                    create_snake();
                    create_food(); //membuat makanan untuk ular
                    //score game
                    score = 0;

                    if (typeof game_loop != "undefined")
                        clearInterval(game_loop);
                    game_loop = setInterval(paint, 60);
                }
                init();

                function create_snake()
                {
                    var length = 5; //panjang ular default
                    snake_array = [];
                    for (var i = length - 1; i >= 0; i--)
                    {
                        //membuat ular horizontal mulai dari arah kiri
                        snake_array.push({x: i, y: 0});
                    }
                }

                //membuat makanan
                function create_food()
                {
                    food = {
                        x: Math.round(Math.random() * (w - cw) / cw),
                        y: Math.round(Math.random() * (h - cw) / cw),
                    };
                }

                //Mewarnai tubuh ular
                function paint()
                {
                    ctx.fillStyle = "white";
                    ctx.fillRect(0, 0, w, h);
                    ctx.strokeStyle = "black";
                    ctx.strokeRect(0, 0, w, h);

                    //Membuat pergerakan untuk ular.
                    var nx = snake_array[0].x;
                    var ny = snake_array[0].y;
                    if (d == "right")
                        nx++;
                    else if (d == "left")
                        nx--;
                    else if (d == "up")
                        ny--;
                    else if (d == "down")
                        ny++;
                    
                    //Cek tabakan tembok
                    if (nx == -1 || nx == w / cw || ny == -1 || ny == h / cw || check_collision(nx, ny, snake_array))
                    {
                        //restart game
                        init();
                        return;
                    }
                    
                    //Cek tabrakan dengan makanan
                    if (nx == food.x && ny == food.y)
                    {
                        var tail = {x: nx, y: ny};
                        score++;
                        //membuat makanan baru
                        create_food();
                    }
                    else
                    {
                        var tail = snake_array.pop();
                        tail.x = nx;
                        tail.y = ny;
                    }

                    snake_array.unshift(tail);

                    for (var i = 0; i < snake_array.length; i++)
                    {
                        var c = snake_array[i];
                        paint_cell(c.x, c.y);
                    }

                    //Mewarnai makanan
                    paint_cell(food.x, food.y);
                    //Mewarnai score game
                    var score_text = "Score: " + score;
                    ctx.fillText(score_text, 5, h - 5);
                }

                function paint_cell(x, y)
                {
                    ctx.fillStyle = "green";
                    ctx.fillRect(x * cw, y * cw, cw, cw);
                    ctx.strokeStyle = "black";
                    ctx.strokeRect(x * cw, y * cw, cw, cw);
                }

                function check_collision(x, y, array)
                {
                    for (var i = 0; i < array.length; i++)
                    {
                        if (array[i].x == x && array[i].y == y)
                            return true;
                    }
                    return false;
                }

                //Keyboard control ular
                $(document).keydown(function(e) {
                    var key = e.which;
                    if (key == "37" && d != "right")
                        d = "left";
                    else if (key == "38" && d != "down")
                        d = "up";
                    else if (key == "39" && d != "left")
                        d = "right";
                    else if (key == "40" && d != "up")
                        d = "down";
                })
            })

        </script>
    </head>
    <body>
        <!-- HTML5 canvas untuk lokasi game -->
      <center>
<canvas background=”000000” id="canvas" width="500" height="500"></canvas>
      </center>     
    </body>
</html>

nah itulah kode html untuk game ular yang sering kita temui di hp.




<!-- Jquery

-->

2 comments: