Saturday, April 1, 2017

Membuat aplikasi toko dengan php

Aplikasi toko adalah aplikasi yang sangat sering kita temui ketika kita belanja ke supermarket. maka timul pertanyaan dalam benak saya gimana cara membuat aplikasi toko seperti itu. dan cari-cari di internet tentang aplikasi toko.akhirnya pencarian itu sudah saya temukan, namun aplikasi  toko yang saya temukan dalam laporan penjualannya masih berbentuk diagram, sehingga saya mencoba untuk mengubah aplikasi toko itu menjadi bentuk laporan penjualan yang merekam seluruh transaksi yang dilakukan oleh aplikasi toko itu.

Untuk mencoba aplikasi itu anda bisa mencobanya disini
ketika anda mengakses aplikasi toko tadi maka tampilan pertama dari aplikasi toko tersebut adalah seperti di bawah ini
aplikasi toko
Gambar di atas menunjukan bahwa transaksi untuk aplikasi toko itu, untuk memasukan kode kita harus mengetahui dahulu kode apa barang yang akan di beli dalam menu inventory, untuk membuka menu inventory, kita tinggal mengklik bagian pojok kiri yang bergambar garis-garis, proses ini pernah saya bahas dalam tulisan sebelumnya mengenai membuat sliding menu.

 Menu pada aplikasi toko ini tampilannya adalah seperti gambar di bawah ini

menu sliding
Menu kasir tampilannya seperti pada penjelasan pertama yaitu untuk keperluan transaksi, sementara ketika kita mengetikan kode pada kolom kode maka akan tampil nama barang, harga jual dan total, untuk pembelian barang yang sama yang lebih dari satu jumlahnya maka ketikan kode tersebut secara berulang-ulang. sementara apabila transaksi sudah selesai maka kita bisa mengklik menu bayar pada aplikasi toko itu, dan disitu ada kalkulator pembayaran tinggal isi berapa nilai uang yang dibayarkan oleh konsumen dan untuk melihat jumlah kembalian harus kita klik kembalian apabila transaksi itu akan di simpan ke data base maka kita klik selesai.

Untuk melihat apakah proses selesai yang dilakukan itu masuk ke dalam data base maka kita klik penjualan. dan untuk menambah data barang tinggal klik inventory. untuk lebih lengkapnya scriptnya dapat di download disini

nah itulah gambaran aplikasi toko sederhana menggunakan php

0 komentar: