Sunday, February 12, 2017

Membuat Soal Ujian Online

Dalam menghadapi UNBK siswa dihadapkan pada ujian berbasis komputer yakni ujian itu akan dilaksanakan secara online, maka untuk menghadapi hal tersebut alangkah baiknya apabila siswa diajarkan sejak dini bagaimana cara mengikuti ujian online atau cara mengerjakan soal-soal online.

Selain siswa yang akan melaksanakan UNBK memang para guru juga harus melaksanakan UKG yang penyelenggaraannya secara online mungkin ini akan terbanyang untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan UKG apabila kita paham cara membuat soal ujian online.

Untuk menghadapi hal tersebut mungkin sebaiknya guru juga mampu membuat soal-soal secara online pula. nah dalam kesempatan ini saya akan mencoba berbagi sedikit pengalaman dalam membuat soal online bagi para guru. bukan sebuah syarat membuat soal online itu harus memiliki website atau blog, hanya para guru harus mempunyai akun google atau gmail.

Bagi para guru yang belum mempunyai akun gmail silahkan daftar terlebih dahulu, sehingga setelah mempunyai akun tersebut, guru bisa memberikan tugas-tugas atau soal-soal secara online tanpa harus memiliki website atau blog yang membutuhkan waktu yang cukup panjang.

logo aplikasi googleSaya anggap semuanya yang akan membuat soal ujian itu sudah mempunyai akun google, sehinggatinggal masuk ke akun google tersebut kemudian klik logo aplikasi google;
sehingga muncul screenshot seperti gambar di bawah ini

google drive
kemudian pilihlah google drive pada jendela google drive klik drive saya kemudian klik lainnya dan pilihlah google formulir

google formulir
sehingga tampil google form untuk pembuatan soal online seperti gambar di bawah ini

google form
Kemudian gantilah formulir tanpa  judul  dengan, misalkan Ujian Akhir semester online, pada bagian deskripsi bisa dituliskan kelas, mata pelajaran dan waktu untuk mengerjakan,selanjutnya gantilah pertanyaan tanpa judul dengan Nama
Kemudian disebelah pertanyaan itu ada jenis jawaban yang akan dipakai apakah pilihan ganda atau jawaban singkat dan lainya, untuk kolom nama maka pilih jawaban singkat.

Apabila soal online pertama sudah selesai maka untuk pertanyaan berikutnya tinggal mengklik tanda plus sebelah kiri dan tentukan pertanyaan berikutnya juga tentukan jenis jawaban berikutnya berikut sampai selesai membuat soal online dari awal sampai akhir.

Agar siswa tidak lupa mengisi identitas untuk dinilai maka, geserkan slider bagian kanan wajib diisi ke arah kanan agar apabila identitas tidak diisi maka jawaban tidak bisa dikirimkan. kemudian pisahkan bagian identitas dengan bagian pertanyaan dengan mengklik tambahkan bagian di sebelah kanan gambar paling bawah.

Agar kita bisa mengolah jawaban online siswa maka klik tanggapan kemudian klik tanda plus sebelah kanan (lihat tanggapan spreedsheet, kemudian klik tambahkan speessheet baru.

Setelah spreedsheet untuk jawaban online terbuat, maka langkah selanjutnya adalah membuat tautan yang tidak bisa diedit oleh setiap orang mereka hanya bisa mengisi data saja. selanjutnya adalah mengklik lainnya yang letaknya antara tombol kirim dan akun anda, kemudian pilih dapatkan tautan yang sudah terisi.

Nah itulah tautan yang bisa dipasang dimana saja dimana kita akan memposting soal tersebut apakah di media sosial ataupun di website.

Semoga tips ini bermanfaat, lain kali akan saya bahas bagaimana pengolahanan nilai hasil ujian online di excel.

Untuk contoh soal online bisa dilihat disini
dan untuk jawaban soal online bisa dilihat disini



0 komentar: